Cara Optimasi Seo On Page Rahasia Blogspot Agar Page One

cara optimasi seo on page

Optimasi seo on page-SEO merupakan salah satu cara untuk meningkatkan peringkat page di hasil mesin penulusuran, dengan menerapkan trik SEO blog kita bisa mendapatkan banyak trafik dan peringkat page. SEO itu dibagi menjadi dua macam yaitu SEO On Page dan SEO Off page. Namun Sekarang kita akan membahas SEO On page di artikel ini.


Baca juga :  (sedang dibuat)


Apa sih SEO On Page Itu ?

SEO On page adalah suatu praktik optimasi SEO yang dilakukan pada artikel atau konten yang diterbitkan. On Page SEO dapat diartikan sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah dipahami dan dibaca oleh pembaca blog anda. Optimasi On Page SEO fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten.

Tidak hanya itu, on page SEO yang dioptimasi dengan baik juga akan memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relavansi blog Anda dengan kata kunci yang dicari.


Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog

1. Letakan keyword di 100 kata pertama

Paragraf pertama harus memberikan kesan yang baik  pada pembaca. Jadi sebaiknya, masukan  fokus keyword di 100 kata pertama jika memungkinkan. Tidak semua fokus keyword cocok untuk diterapkan pada 100 kata pertama. Anda tidak perlu memaksakan untuk meletakan fokus keyword  di paragraf pertama. Dengan cacatan, membuat paragraf yang menarik dan jelas sehingga pembaca langsung tahu apa yang akan dibahas diartikel tersebut.

2. Buat judul yang menarik

Anda perlu membuat judul semenarik mungkin agar orang langsung tertarik untuk membaca artikel Anda. Anda bisa menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul konten lebih menarik. Judul yang terdapat angka mengahasilkan performa 45% lebih baik dibanding judul tanpa angka. sebagai contoh :
Perlu dicatat, Tidak semua konten harus menggunakan angka pada judulnya. Tentu Anda tidak harus selalu menggunakan angka dalam judul.

3. Gunakan permalink sederhana

Permalink yang sederhana akan mempermudah mesin pencari untuk mengenali artikel yang Anda bahas. Permalink cukup mengandung fokus keyword yang Anda targetkan saja. Misalnya judul  artikel nya Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Ibu Hamil maka link default nya seperti ini :

coretanrivaldo.com/2020/09/makanan-yang-dibutuhkan-untuk-ibu-hamil.html

Permalink diatas kurang efektif karena terlalu panjang, anda harus merubahnya jadi seperti ini.

coretanrivaldo.com/2020/09/makanan-untuk-ibu-hamil.html.

4. Manfaatkan Heading dan Subheading

Heading dan subheading berfungsi untuk memecah artikel menjadi beberapa bagian. Heading dan subheading adalah bab dan subbab pada buku. Dengan heading dan subheading pembaca akan lebih mudah dalam menemukan point-point penting yang mereka butuhkan. Selain itu, heading dan subheading akan membantu mesin pencari untuk memahami artikel Anda. Heading memudahkan search engine bot untuk melakukan crawling di konten dan melihatnya sebagai pokok bahasan konten.

5. Tambahkan gambar atau video

Konten yang hanya berisi teks saja tentunya akan membuat pembaca merasa bosan. Jadi tambahkan setidaknya satu atau dua gambar pada setiap konten yang dibuat. Akan lebih baik lagi jika ditambahkan media visual seperti video.

6. Optimasi pada gambar

Sebelumnya di point ke 5 kita harus menambahkan gambar pada konten. Agar gambar yang anda tambahkan bisa meningkatkan kualitas Seo On Page, ada beberapa yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar, gambar yang ukuran nya terlalu besar akan menghambat loading pada blog. Oleh karena itu, anda harus memperkecil ukuran gambar, setidaknya tidak melebihi 100kb.

Kedua, berikan nama file sesuai dengan fokus keyword yang anda targetkan. Nama file yang sesuai dengan fokus keyword bisa membantu gamabr tersebut muncul di Google Search Image.

Ketiga, ubah alt text sesuai fokus keyword. Alt text/alternatif text berfungsi untuk membantu google mengindentifikasi topik yang anda bahas di konten. Selain itu, alt text juga membantu untuk memunculkan gambar di pencarian image.

7. Sisipkan outbound link

Usahakan setidaknya satu link ke website lain/outbound link. Tetapi jangan website yang asal-asalan, pastikan website yang dijadikaan sumber rujukan mempunyai reputasi yang baik. Outbound link berfungsi untuk menunjukan bahwa artikel yang Anda buat punya sumber yang kredibel.

8. Maksimalkan internal link

Internal link adalah link yang mengarah ke artikel lain di blog Anda. Jenis tautan penting untuk memudahkan pembaca untuk pindah dari artikel ke artikel lainnya di blog Anda. Selain itu, internal link juga membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman dalam blog. Google mengutamakan blog yang artikelnya saling berhubungan.

9. Gunakan template responsif (Mobile Friendly)

Template responsif adalah template yang kompatibel dengan perangkat apapun, baik dibuka diperangkat desktop, tablet maupun mobile blog Anda akan tetap berjalan dengan baik dan responsif. Google kini telah menerapkan mobile first indexing yang menuntut pemilik blog untuk membuat blog yang mobile friendly. Dengan Google Mobile First Index,kini google menilai performa blog melalui blog versi mobile. Jika blog versi mobile menghasilkan reputasi yang buruk, kemungkinan besar akan berpengaruh  buruk pada kualitas SEO blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Optimasi Seo On Page Rahasia Blogspot Agar Page One"

Post a Comment