Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Kandungan

makanan sehat ibu hamil

Makanan untuk ibu hamil-Ibu hamil muda memang harus mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki berbagai macam nutrisi. Pola makanan yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan nya. Jika anda sembarangan mengonsumsi  makanan, akan beresiko tidak baik untuk kandungan anda.

Lantas apa saja makanan yang sehat untuk ibu hamil muda ?

Berikut adalah makanan sehat untuk ibu hamil muda :

1. Susu atau Produk susu

Susu atupun produk olahannya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti Vitamin D, Kalsium, Protein, hingga iodium asam folat. Bumil dapat mengonsumsi susu dan produk olahan seperti yogurt dan keju untuk perkembangan janin.

2. kaya akan asam folat

Asam folat sangat penting bagi pembentukan sel otak bayi. Ibu yang mengonsumsi asam folat 4 minggu sebelum kehamilan dan 8 minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan resiko autis pada bayi sebanyak 40%. Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah keguguran, menurunkan resiko preeklamsia hingga mencegah anemia. Anda bisa mendapatkan asam folat pada sayuran hijau (bayam, brokoli, kubis), buah-buahan (alpukat, pepaya, jeruk), hati sapi, kacang-kacangan hingga telur.

3. Kaya akan zat besi

Memakan makanan yang kaya zat besi bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia bisa memicu berbagai macam dampak masalah pada janin salah satunya kelahiran prematur. Anemia membuat sel darah merah/hemaglobin menurun. Kondisi ini bisa menyebabkan peningkatan volume plasma dan mengakibatkan kontraksi pada rahim. Kekurangan zat besi juga dapat berdampak negatif pada IQ anak kelak. Selain asam folat, zat besi juga yang berperan penting pada pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Zat besi dapat diperoleh dari telur, daging sapi dan unggas, tahu, biji-bijian, kacang-kacangan hingga bayam.

4. Sumber protein

Protein bisa membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah mengalami sakit. Protein terdapat pada daging tanpa lemak, ikan telur dan unggas.

5. Kaya akan serat

Serat bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan dan mencegah preeklamsia. Serat bukan cuma merangsang perkembangan janin, serat juga bisa mencegah bumil mengalami konstipasi/masalah buang air besar. Makanan yang mengandung serat terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran hingga buah segar.

6. Lemon atau air kelapa

Mengonsumsi Air kelapa dan lemon bisa mengatasi rasa lelah saat hamil. Air kelapa dan lemon ini juga bisa mengatasi rasa mual.di trimester kehamilan pertama.


Hindari makanan mentah, setengah matang, dan yang belum di pasteurisasi selama trimester awal. Jika mengonsumsi makanan laut harus berhati-hati karena ada beberapa jenis yang terkontaminasi merkuri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Kandungan"

Post a Comment