Apa Itu Machine Learning ? Mari Kita Bahas Machine Learning

Apa Itu Machine Learning ?

Machine learning-Menurut Arthur Samuel seorang ilmuwan komputer yang mempelopori kecerdasan buatan,  machine learning adalah sebuah bidang yang memberi komputer kemampuan belajar tanpa diprogram secara eksplisit.

Apa contoh sederhana dari machine learning ? Contoh nya filter spam pada layanan email. Saat kita menandai satu email sebagai spam, maka program akan mempelajari anatomi email tersebut untuk mengantisipasi email berikutnya spam atau bukan.

Machine learning bukanlah hal yang baru . Filter email spam tersebut telah ada sejak tahun 1990-an  saat internet boom. Alhasil, hidup jutaan orang pengguna email, jadi lebih mudah. Kita jadi tidak perlu sering menandai sebuah email jika itu adalah spam. Setelah itu mulai muncul ratusan implementasi dari ML yang sekarang kita telah gunakan sehari-hari saat ini. Mulai dari rekomendasi dari youtube hingga kontrol suara seperti pada Google Assistant. Ya, itu adalah bentuk machine learning.

Selainmachine learning, Kalian juga pasti pernah mendengar yang namanya artificial intelligence/kecerdasan buatan sering dikatikan dengan machine learning. Lalu,apakah hubungan AI dan ML ?

ML adalah sebuah cabang dari AI. Kecerdasan buatan memiliki pengertian yang sangat luas, umumnya memiliki arti bagaimana komputer bisa memiliki kecerdasan seperti  manusia. Sedangkan ML juga punya arti yang lebih spesifik yaitu menggunkan metode statistika untuk membuat komputer dapat mempelajari pola pada data.
apa itu machine learning


Baca juga : Apa itu Kotlin ?

Mengapa machine learning ?

Bayangkan kita ditugaskan untuk mengembangkan sebuah aplikasi filter spam dengan pemrograman tradisional. Seperti ini langkah konvensionalnya :

  1. Kita akan mendefinisikan bagaimana sebuah email termasuk kategori  spam atau tidak. Misalnya kita mengidentifikasi bahwa pada email spam umumnya terdapat kata-kata seperti "gratis", "miskin" dan "murah".
  2. Kemudian kita menulis algoritma untuk setiap pola yang kita temukan pada email spam. Program pun akan menandai sebuah email spam jika menemui pola terkait.
  3. Terakhir kita akan mengulangi langkah 1 dan 2 sampai program cukup baik untuk diluncurkan.
Karena kita menulis program dengan cara tradisional, hasilnya tentu daftar panjang berisi aturan-aturan rumit yang sulit di maintain.

Mari kita bandingkan jika menggunakan ML untuk mengembangkan filter spam tersebut. ML akan secara otomatis mempelajari pola kata-kata yang menentukan sebuah email spam atau bukan. Program yang menggunakan ML pun menjadi relatif lebih sederhana dan mudah untuk dipelihara.

Jenis-jenis machine learning

Terdapat 4 kategori umum machine learning :
  1. Supervised learning, pada supervised learning dataset yang digunakan memiliki label. Label adalah tag atau pengenal dari sebuah data. Misalnya sebuah buah memiliki atribut berwarna orange, buah nya juga berwarna orange, rasanya ada yang manis dan asam. Buah yang memiliki karakteristik  seperti yang disebutkan dikenal dengan buah jeruk, maka  label dari atribut tersebut adalah jeruk. Klasifikasi spam email adalah contoh dari supervised learning.
  2. Unsupervised learning, pada unsupervised dataset yang digunakan tidak memiliki label. Model unsupervised melakukan belajar sendiri untuk melabeli atau mengelompokan data. Contoh kasus unsupervised adalah dari data 100 pengunjung website, model akan belajar sendiri untuk mengelompokan pengunjung. Mungkin berdasarkan waktu kunjungan, lama kunjungan dan sebagainya.
  3. Semi supervised learning, semi supervised merupakan gabungan dari supervised learning dan unsupervisd learning. Pada model semi supervised, dataset untuk pelatihan sebagian memiliki label dan sebagian tidak. Implementasi dari model semi supervised yang sering kita gunakan misalnya pada google photos. Pada google photos kita bisa memberi tag untuk setiap orang yang terdapat pada sebuah foto. Alhasil, ketika kita mengunggah foto baru dengan wajah orang yang sudah kita beri tag sebelumnya, google photos akan otomatis mengenali orang tersebut. Salah satu contoh model dari semi supervised  adalah Deep Belief Network (DBN).
  4. Reinforcement learning, reinforcement learning adalah model yang belajar menggunakan sistem reward dan penalties. Model belajar agar mendaptkan reward dan menghindari penalties. Alpha Go adalah contoh terkenal dari reinforcement learning. Alpha Go adalah sebuah program yang dikembang Google DeepMind untuk memainkan permainan Go, sebuah permainan papan yang berasal dari Cina. Alpha Go mempelajari setiap langkah dalam jutaan permainan go untuk terus mendapatkan reward yaitu memenangkan sebuah permainan. Alpha Go menjadi terkenal setelah menjadi program komputer pertama yang berhasil mengalahkan pemain profesional.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Apa Itu Machine Learning ? Mari Kita Bahas Machine Learning"

  1. Very nice article, I enjoyed reading your post, very nice share, I want to twit this to my followers. Thanks!. 7aqsa.com

    ReplyDelete
  2. Very nice article, I enjoyed reading your post, very nice share, I want to twit this to my followers. Thanks!. 7aqsa.com

    ReplyDelete