Apa Itu Kotlin ? Untuk Mengetahuinya Baca Arikel Ini

apa itu kotlin

Apa sih kotlin itu ? 

Kotlin-JetBrains memulai sebuah project open-source baru pada tahun 2010. Project ini merupakan bahasa pemrograman statically typed yang menargetkan JVM, Android, Javascript dan Native kotlin. Nama sebuah pulau di Rusia menjadi inspirasi oleh tim pengembang untukditetapkan menjadi bahasa pemrograman tersebut yaitu pulau Kotlin. Bahasa kotlin pertama kali liris pada bulan Februari 2016 dengan versi 1.0.

Kotlin dikemabangkan lebih dari 50 developer dari pimpinan Andrey Breslav, Mereka membuat bahasa ini terinspirasi dari bahasa pemrograman lain seperti  Java, javascript dan lain-lain. Tapi ada yang membedakan, lalu apa yang membedakan ? Salah satunya, Kotlin dapat mudah dipelajari.

Kotlin dapat digunakan dengan bebas secara gratis karena tergolong project open-source. Kotlin dikembangkan dibawah lisensi Apache 2.0, Sumber kode kotlin bisa dilihat di Github. Kita juga bisa melakukan pull request ke repositorinya.

Kotlin dapat digunakan untuk berbagai macam pengembangan aplikasi seperti website, backend/server side, maupun mobile Android. Kotlin saat ini sedang dikembangkan kotlin/native. Kotlin/native memungkinkan developer untuk menggunakannya sebagai bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi di platform lain seperti desktop, emebeded system, macOS dan IOS. Bahkan tidak memungkinkan kotlin digunakan untuk pengembang Data Science dan Machine Learning. Kita bisa menggunakan Kotlin pada  IDE seperti Android Studio, Eclipse, Intellij IDEA dan Netbeans. Bisa juga menggunakan perintah terminal untuk mengkompilasi dan menjalankan Kotlin, Begitu juga dengan build tools.  Pada JVM kita bisa menggunakan Gradle, Maven. Ant atau Kobalt.

Baca juga : Apa itu machine learing

Karakteristik Kotlin

  • Modern dan concise,
  • Pragmatic.

Kotlin sebagai bahasa Multiplatform dan Multiparadigm

Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang bisa ditargetkan untuk berbagai macam platfrom (Multiplatform) dan memiliki beberapa paradigma (Multiparadigm). Apa yang dimaksud dengan Multiplatform dan Multiparadigm itu ? Mari kita bahas.

Multiplatform

Multiplatform artinya mendukung lebih dari satu platform. Platform yang dimaksud adalah Android, Web, IOS, Desktop, Server dan lain-lain. Kotlin merupakan sebuah Multiplatform Language yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam berbagai platform.

Multiparadigm

Programming paradigm adalah sebuah cara untuk mengklasifikasi bahasa pemrograman berdasarkan fitur yang dimiliki. Paradigma berkaitan bagaimanan kode dalam sebuah bahasa pemrograman diatur, seperti mengelompokan kode atau memodifikasinya. Functional Language dan Object-oriented Programming  merupakan 2 paradigma yang terkenal dikalagan developer.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Kotlin ? Untuk Mengetahuinya Baca Arikel Ini"

Post a Comment